Bisnis

Teknik Jitu Budidaya Kelapa Sawit

budidaya kelapa sawitBudidaya kelapa sawit menjadi salah satu usaha yang sangat menarik dan menguntungkan. Usaha yang menghasilkan produk akhir berupa minyak ini tetap menjadi primadona bisnis hingga saat ini. Selama menjalankan bisnis budidaya tanaman kelapa sawit, maka semua pengusaha dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Selain itu, sebagai pengusaha sawit maka Anda juga harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar. Menjalankan budidaya tanaman kelapa sawit bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Semua butuh pertimbangan yang sangat matang jika tidak ingin mengalami kerugian. Berdasarkan pengalaman, telah banyak pengusaha kelapa sawit yang mengalami kerugian akibat beberapa faktor. Salah satunya disebabkan karena penerapan teknik penanaman yang kurang tepat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui teknik yang tepat untuk membudidayakan tanaman kelapa sawit

Mengetahui Syarat Budidaya Kelapa Sawit Agar Tumbuh Subur Dan Berbuah Lebat

Jika ingin budidaya kelapa sawit Anda menghasilkan buah sawit dengan jumlah optimal, maka ada banyak poin yang harus Anda perhatikan. Poin-poin ini terutama berkaitan dengan sifat dari tanaman kelapa sawit itu sendiri. Dengan memperhatikan kebutuhan pohon kelapa sawit sesuai dengan sifat-sifatnya, maka dijamin pohon sawit akan tumbuh subur serta berbuah lebat. Tanaman kelapa sawit merupakan jenis tanaman yang membutuhkan penyinaran matahari sekitar 5-7 jam per hari. Selain itu, tanaman kelapa sawit juga mampu tumbuh dengan sempurna pada daerah dengan curah hujan rata-rata 1500 – 4000 mm per tahun, suhu lingkungan sekitar 24 – 280C, dan tumbuh degan subur pada lahan yang memiliki ketinggian 0 – 1500 meter di atas permukaan laut.

Dalam budidaya tanaman kelapa sawit, Anda juga harus memperhatikan media tanam yang digunakan. Lalu, bagaimana media tanam yang baik? Tanah yang cocok dijadikan sebagai media tanam pohon kelapa sawit adalah tanah yang mengandung lempung, subur, serta memiliki aerasi yang baik. Selain memperhatikan jenis dan kualitas tanah, mempersiapkan lahan kelapa sawit juga menjadi faktor yang sangat peting. Lahan yang digunakan untuk menanam kelapa sawit sebaiknya memiliki sistem drainase yang sempurna. Kualitas drainase dapat ditunjukkan dengan memiliki permukaan air yang cukup dalam, memiliki pH 4-6, memiliki solum yang cukup dalam yaitu sekitar 80 cm, serta struktur tanahnya tidak berbatu. Nah, itulah beberapa teknik jitu untuk melakukan budidaya kelapa sawit.

Related posts: