Berita

Cara Menentukan Harga Jual Bagi Pemula

hargaBagi para pemula di dunia bisnis pasti pada saat menentukan nominal price dari produk yang dijual mengalami kesulitan. Entah itu bingung perumusannya bagaimana, bagaimana perhitungannya, dan lain sebagainya yang pastinya tidak akan dibahas di sini. Disini akan dibahas mengenai bagaimana cara menentukan harga jual yang tepat bagi Anda yang baru memulai bisnis. Karena bahasan mengenai pricelist ini akan menjadi patokan atau indikator yang menentukan produk Anda bisa diterima atau tidak dari segi harganya. Karena jika mahal maka tidak akan ada orang yang mau membeli, dan jika murah, Anda tidak akan bisa menutup biaya produksi yang dikeluarkan. Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk menentukan nilai jual suatu produk yang bisa dijadikan panduan bagi Anda dibawah ini.

Apa Saja Metode Yang Digunakan Untuk Menentukan Harga Jual Produk?

Ada beberapa metode yang bisa digunakan. Yang pertama adalah metode plus. Yaitu dengan menambah biaya produksi atau yang biasa kita kenal dengan modal dengan keuntungan yang ingin kita capai. Dalam perhitungannya berapa persen keuntungan yang ingin dicapai, dilakukan dengan keuntungan yang diperoleh sebelum kemudian ditambah dengan modal untuk mendapatkan harga. Metode selanjutnya adalah metode pesaing, jadi Anda bisa menyamakan, lebih rendah, atau lebih tinggi harganya dengan pesaing atau pricelist pasaran yang ada di sekitar lingkungan Anda. lalu metode yang ketiga adalah price skimming. Metode ini cocok untuk Anda yang tidak mempunyai pesaing dibidang usaha Anda sehingga Anda bisa mematok harganya setinggi yang di inginkan. Tapi kemudian turun setiap adanya produk baru atau tipe baru.

Metode selanjutnya adalah multiple unit pricing. Pada metode ini, bila membeli barang denganĀ  jumlah tertentu, akan mendapatkan bonus berupa barang yang sama tapi gratis satu atau dua buah. Metode yang terakhir adalah metode bundling. Jadi dalam metode ini, menggabungkan dua atau lebih produk yang berbeda akan tetapi mempunyai harga yang sama. Jika biasanya membeli dua atau lebih produk berbeda, maka membayarnya satu-satu, tapi ini tidak. Metode ini mirip seperti sistem paket, dimana dalam satu paket terdapat beberapa barang yang berbeda, dan harganya lebih murah jika dibandingkan jika membeli satuan terpisah.

Related posts: