Kesehatan

Bahaya Penggunaan Plastik Hitam Untuk Daging

tips kesehatanBanyak masyarakat Indonesia yang menggunakan plastik hitam khususnya untuk membungkus makanan. Salah satu yang sering kita lihat tentunya penggunaan plastik hitam yang digunakan untuk menyimpan atau membungkus daging. Seperti kita ketahui bahwa penggunaan plastik hitam seakan menjadi salah satu hal yang biasa. Padahal apabila ditelusuri lebih dalam bahwa plastik hitam tersebut ternyata menyimpan bahaya yang tidak terlihat. Tentunya sering kita temui bahwa ketika perayaan kurban tidak sedikit yang menggunakan plastik hitam sebagai pembungkusnya. Padahal ketika menggunakan plastik dengan warna hitam untuk membungkus daging kurban banyak kandungan bahan kimia yang berbahaya.

Plastik Hitam Merupakan Produk Daur Ulang

Banyak para ahli kesehatan yang tidak menyarankan untuk membungkus daging kurban dengan menggunakan kresek hitam. Hal ini lantaran adanya kandungan bahan kimia yang dikhawatirkan menimbulkan cemaran dan menempel pada daging. Karena seperti diketahui bahwa plastik hitam atau kresek hitam itu sendiri merupakan jenis plastik yang hasil olahannya dari daur ulang. Dengan daur ulang dari beberapa jenis plastik tentunya tinggi sekali resiko yang akan ditimbulkan nantinya terutama ketika Anda menggunakannya sebagai salah satu pembungkus makanan. Dikenal sebagai plastik yang bisa dikatakan tidak higienis ini tentunya harus diwaspadai ketika akan digunakan terutama untuk membungkus daging kurban. Bagi Anda khususnya panitia kurban sebaiknya hindarilah dalam penggunaan plastik hitam ini.

Mengetahui fakta tersebut sudah tentu plastik hitam masuk dalam daftar “larangan” untuk digunakan sebagai pembungkus daging. Namun, Anda jangan khawatir. Karena tentunya banyak sekali pembungkus yang aman digunakan sebagai pengganti plastik hitam. Yang paling aman tentunya dengan menggunakan plastik bening. Plastik jenis tersebut merupakan plastik yang paling aman digunakan sebagai pembungkus makanan. Karena plastik bening bukan produk dari hasil daur ulang. Sehingga bisa dikatakan juga bahwa plastik ini paling aman digunakan. Dengan begitu alangkah baiknya ketika Anda berperan sebagai salah satu panitia pemotongan hewan kurban untuk memperhatikan hal sekecil ini. Karena dengan penggunaan pembungkus yang tepat tentunya akan menciptakan daging yang terbebas dari bahan kimia berbahaya.

Related posts: